5 Hal yang Bisa Menyebabkan Ban Mobil Cepat Rusak dan Meledak

  • Whatsapp

5-Hal-yang-Bisa-Menyebabkan-Ban-Mobil-Cepat-Rusak-dan-Meledak
Sebagai pemilik mobil, Anda perlu mengetahui dan mengenal mobil Anda dengan baik. Tidak hanya mesin, namun juga bagian-bagian dan komponen pendukungnya. Salah satunya adalah bagian ban. Terpasang di bagian bawah mobil, ban mobil memegang peranan yang penting agar mobil bisa melaju dengan halus. Mobil tanpa ban tidak bisa digunakan untuk bepergian.

Penyebab Ban Mobil Cepat Rusak

Agar ban tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, Anda perlu merawatnya. Selain itu, Anda juga perlu menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan ban kendaraan cepat rusak. Apakah Anda sudah tahu apa saja yang bisa menyebabkan ban cepat rusak? Jika belum, berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan ban cepat rusak.

Read More

1. Cara mengemudi

Yang pertama adalah cara mengemudi. Cara mengemudikan mobil yang terlalu agresif berpengaruh besar terhadap kondisi ban. Jika Anda sering mengemudi kebut-kebutan dan tidak hati-hati, ban kendaraan roda empat Anda akan cepat rusak dan aus.

Ketika Anda mengemudi secara ugal-ugalan, Anda tidak peduli lagi dengan kondisi jalan. Segala macam kondisi jalan Anda lewati begitu saja, baik itu jalan rusak, jalan bergelombang, berlubang, hingga benda-benda keras seperti batu yang ada di tengah jalan. Tak jarang juga Anda melakukan pengereman secara mendadak. Hal inilah yang membuat ban kendaraan cepat rusak ketika Anda menyetir dengan agresif.

2. Tekanan angin

Yang kedua adalah tekanan angin pada ban. Tekanan angin yang tidak pas juga memiliki pengaruh besar pada ban, baik itu ban yang tekanan anginnya kurang ataupun yang berlebih. Untuk itu, Anda harus mengisi ban dengan tekanan angin yang pas agar tidak timbul masalah.

Ban yang tekanan anginnya kurang, bisa menyebabkan serat baja yang ada pada ban lebih mudah putus. Akibatnya, ban jadi lebih mudah meletus.

Masalah juga timbul pada ban dengan tekanan angin yang berlebih. Tekanan angin yang berlebih pada ban bisa menyebabkan daya cengkram rem menjadi kurang. Akibatnya, mobil bisa tergelincir ketika Anda mengerem.

3. Ukuran velg

Yang ketiga adalah ukuran velg. Ada beberapa orang yang memodifikasi velg mobil agar terlihat lebih keren. Ada yang menggantinya dengan velg yang lebih besar atau lebih kecil. Padahal ini bisa menjadi salah satu penyebab ban mobil cepat rusak dan harus diganti.

Penggantian velg dengan ukuran yang tidak sesuai akan membuat beban kerja dinding ban menjadi lebih berat. Akibatnya, dinding ban ini menyempit dan mudah retak, tidak rata, dan juga mudah pecah. Boleh-boleh saja Anda mengganti velg ban dengan yang lebih keren. Namun Anda sebaiknya tetap memperhatikan ukuran velg yang sesuai agar tidak timbul masalah serius.

4. Posisi ban

Hal berikutnya yang membuat ban kendaraan mudah rusak adalah posisinya yang tidak pas. Ketika Anda mengganti ban, kadang pemasangannya belum lurus dan lebih condong ke arah tertentu. Jika Anda tidak melakukan spooring dan balancing, posisi ban yang tidak pas ini bisa menjadi penyebab ban Anda cepat rusak.

5. Beban yang diangkut

Yang kelima adalah beban yang diangkut. Ban mobil memiliki kapasitas beban maksimal. Anda bisa mengetahuinya dari kode yang tertera di dinding ban. Patuhi aturan tersebut agar beban pada ban tidak overload yang bisa menyebabkan ban rusak dan meledak.

Demikian 5 hal yang bisa menyebabkan ban mobil cepat rusak. Hindari kelima hal tersebut agar ban kendaraan roda empat Anda tetap awet dan bisa bertahan lama sampai harus diganti pada waktunya tiba.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *