Inilah Tips Berlibur Kepantai Bagi Ibu Hamil

Saat hamil bisa membuat anda begitu bosan karena terlalu sering berdiam diri. Selain bosan anda juga sesekali juga bisa merasa stres, apalagi jika sekarang adalah pengalaman pertama anda hamil. Banyak sekali hal baru yang anda temui dan masalah baru yang harus diselesaikan sehingga anda merasa stress.

Untuk menghilangkan stress dan kebosanan masa kehamilan, salah satu tempat yang cocok dan nyaman bagi anda adalah dengan berlibur ke pantai. Tenang saja, anda akan aman bermain ke pantai meski sedang hamil dengan tips liburan ke pantai untuk ibu hamil berikut ini:

Gunakan sunblock

Saat di pantai anda juga perlu melindungi kulit, karena saat di pantai akan lebih banyak paparan sinar UV yang merupakan salah satu penyebab kanker kulit. Selain menyebabkan kanker kulit, sinar uv juga bisa membuat ibu hamil kekurangan asam folat. Kekurangan asam folat akan berefek negatif pada perkembangan otak janin.

Oleh karena itu Jika anda berlibur di pantai tidak mau terusak dengan kondisi tersebut maka cara terbaik adalah melindungi kulit dengan menggunakan sunblock. Gunakan sunblock sebelum berangkat ke pantai. Selain mencegah paparan sinar UV, menggunakan sunblock juga dapat mencegah kulit anda terbakar karena sinar matahari di pantai.

Cari tempat yang teduh

Di pantai memang lebih menyenangkan jika dekat dengan bibir pantai yang terang dengan sinar matahari. Tapi jika terlalu lama terpapar sinar matahari juga dapat membuat anda merasa dehidrasi. Tentunya dehidrasi tidak baik untuk kondisi anda dan janin. Selain itu, paparan sinar matahari yang terlalu lama juga menyebabkan topeng kehamilan pada wajah ibu. Oleh karena itu, jangan terlalu lama terpapar matahari dan anda perlu beristirahat di tempat yang teduh.

Banyak minum

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa terlalu lama terpapar matahari bisa membuat ibu hamil dehidrasi. Untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh anda harus banyak minum saat di pantai. Selain mencegah dehidrasi, minum banyak saat di pantai juga membantu menjaga kesehatan plasenta sebagai jalan memberikan asupan nutrisi pada janin.

Boleh berenang namun hati-hati

Anda mungkin memiliki keinginan untuk berenang saat di pantai. Tapi anda perlu berhati-hati sebab ada bahaya di pantai seperti kekhawatiran tersengat ubur-ubur dan lain sebagainya yang membahayakan ibu hamil. Pilihlah tempat yang aman saat berenang dan pastikan jangan meminum air laut karena dikhawatirkan adanya kontaminasi dalam air tersebut. Perlu anda ketahui bahwa berenang termasuk olahraga yang aman untuk ibu hamil.

 

sumber:sehatfresh.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy