Seberapa Penting Kalkulator Kehamilan Itu? Perhatikan Hal Ini

Selama dalam masa kehamilan, sangat penting bagi ibu hamil untuk mengetahui usia kandungannya. Dengan mengetahui hal tersebut, dia akan lebih mudah untuk memantau perkembangan bayi yang berada di dalam kandungan. Selain itu, ibu juga bisa memonitor apa saja yang perlu dilakukan, apakah menambah nutrisi atau hal lain. Kalkulator kehamilan adalah salah satu yang harus dimiliki oleh calon ibu.

Apa Itu Kalkulator Kehamilan?

Kalkulator kehamilan merupakan sebuah metode yang dapat dilakukan oleh ibu hamil untuk mendapatkan informasi tentang kehamilan yang sedang ia jalani seperti usia kandungan dan berat badan normal di masa kehamilan. Ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan jika calon ibu menggunakan kalkulator kehamilan.

Manfaat Kalkulator Kehamilan

1. Memperkirakan hari lahir

Manfaat yang pertama dari kalkulator kehamilan adalah untuk memperkirakan kapan bayi akan lahir. Dengan begitu, calon ibu maupun ayah dapat mempersiapkan persalinan dengan baik. Orang tua juga bisa menyiapkan berbagai kebutuhan bayi terlebih dahulu seperti membeli pakaian bayi, mainan, susu formula, dan barang-barang pendukung lainnya.

2. Menghitung usia kehamilan

Secara umum, setiap wanita memiliki masa kehamilan sekitar 38 minggu terhitung sejak terjadi masa pembuahan. Akan tetapi, tidak semua calon ibu mengetahui kapan proses pembuahan tersebut terjadi. Dengan kalkulator kehamilan, usia kehamilan bisa diketahui sehingga bisa melakukan perlakuan medis sesuai dengan usia kehamilannya.

3. Mengetahui berat badan bayi

Dengan kalkulator kehamilan, calon ibu juga dapat mengetahui berat badan bayi sesuai dengan usia kehamilannya. Dari informasi tersebut, bisa dipastikan apakah berat badan bayi tersebut normal atau tidak. Jika berat badan tidak normal, maka bisa segera dilakukan penanganan lebih dini sehingga tidak menimbulkan dampak yang cukup besar di kemudian hari.

4. Memperkirakan kenaikan berat badan yang normal

Idealnya, ibu hamil akan mengalami kenaikan berat badan. Untuk memperkirakan apakah kenaikan berat badan tersebut tergolong normal atau tidak, bisa digunakan kalkulator kehamilan. Normalnya, kenaikan berat badan yang dialami oleh ibu hamil adalah antara 1 hingga 2 kilogram pada 3 bulan pertama dan kenaikan sekitar 0,5 kilogram pada setiap minggu berikutnya.

5. Mengetahui awal dan akhir trimester

Mengetahui kapan memasuki trimester tertentu sangat penting. Hal ini karena setiap trimester ada hal-hal tersendiri yang perlu dilakukan. Pada trimester pertama, ibu hamil harus mencari penyedia layanan kesehatan yang benar-benar memadahi, berhenti mengonsumsi kafein, rutin mengonsumsi vitamin prenatal, dan menghentikan kebiasaan merokok jika merupakan perokok aktif.

Pada trimester kedua, ibu hamil harus mengunjungi dokter gigi untuk menjaga kesehatan mulut, menghindari olahraga ekstrem, menghindari tidur dengan posisi telentang, rajin melembapkan perut, dan menghindari obat-obatan yang tidak perlu. Pada trimester ketiga ibu hamil disarankan menghindari gerakan membungkuk, spa, dan rutin minum air putih.

Itulah berbagai manfaat tentang pentingnya kalkulator kehamilan. Dengan begitu, proses selama kehamilan akan menjadi lancar dan proses melahirkan pun juga lancar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy